DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 7, No 2 (2023): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Bermedia Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman

Feby Melaniawati (Unknown)
Sandi Budiana (Universitas Pakuan)
Yuli Mulyawati (Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning bermedia video pembelajaran terhadap hasil belajarĀ  subtema bersyukur atas keberagaman pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Nenggewer 01 Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi. Populasinya terdiri dari kelas IV-A dan IV-B yang terdiri dari 58 orang. Penelitian dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan di setiap kelompok kelasnya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes kelampuan awal (pretest) dan tes kemampuan akhir (posttest). Analisis data yang dilakukan dengan uji n-gain, uji normalitas, dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat sebelum melakukan uji hipotesis (uji t). hasil analisis data diperoleh t-hitung (4,907) > t-tabel (2,0034) untuk signifikansi 5%. Berdasarkan kriteria pengujian, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar. Penggunaan metode eksperimen kuasi ini dapat emningkatkan kreativitas guru dalam pembelajran serta meningkatkan keaktifan siswa sehingga hasil belajar dapat meningkat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...