Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara model Think Talk Write dan Example Non Example terhadap keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas IV SD Gugus Brajalaksana. Jenis Penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain penelitian non equivalent control gorup design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Jonggolsari dan SD Negeri 3 Leksono di mana siswa kelas IV SD Negeri 1 Jonggolsari adalah kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write sedangkan kelas IV SD Negeri 3 Leksono adalah kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes. Semua siswa dari dua kelas tersebut terlebih dahulu diberikan pretest untuk mengetahui kemampuan awal, kemudian kedua kelas diberikan perlakuan lalu diberikan posttest untuk mengetahui kemampuan akhir siswa. Berdasarkan analisis data, uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test diperoleh hasil Sig. (2-tailed) = 0,002 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model Think Talk Write dan Example Non Example terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SD Gugus Brajalaksana.
Copyrights © 2023