Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): Volume 08 No 02, September 2023

PERBEDAAN MODEL THINK TALK WRITE DAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD GUGUS BRAJALAKSANA

Ria Putri Utami (Universitas Kristen Satya Wacana)
Henny Dewi Koeswanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara model Think Talk Write dan Example Non Example terhadap keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas IV SD Gugus Brajalaksana. Jenis Penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain penelitian non equivalent control gorup design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Jonggolsari dan SD Negeri 3 Leksono di mana siswa kelas IV SD Negeri 1 Jonggolsari adalah kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write sedangkan kelas IV SD Negeri 3 Leksono adalah kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes. Semua siswa dari dua kelas tersebut terlebih dahulu diberikan pretest untuk mengetahui kemampuan awal, kemudian kedua kelas diberikan perlakuan lalu diberikan posttest untuk mengetahui kemampuan akhir siswa. Berdasarkan analisis data, uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test diperoleh hasil Sig. (2-tailed) = 0,002 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model Think Talk Write dan Example Non Example terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SD Gugus Brajalaksana.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...