Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): Volume 08 No 02, September 2023

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEET UNTUK MELATIHKAN KREATIVITAS PADA SISWA KELAS V SDN 2 PUCANGOMBO

Damara Sigit (Universitas PGRI Madiun)
Octarina Hidayatus Sholikhah (PGSD FKIP Universitas PGRI Madiun)
Naniek Kusumawati (PGSD FKIP Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Four-D (4-D). Subjek pada penelitian kali ini yaitu siswa kelas V SDN 2 Pucangombo, Kecamatan Tegalombo, Kabuaten Pacitan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menyediakan media pembelajaran alternatif sebagai pengganti media pembelajaran konvensional, dan untuk melatihkan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran pada siswa kelas V SDN 2 Pucangombo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan. Terdapat 4 tahapan yang dilakukan dalam penelitian pengembangan ini, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan yang terakhir yaitu tahap penyebaran (disseminate). Hasil dari validasi ahli materi mendapatkan persentase sebesar 98% dan dapat dikategorikan kedalam kategori sangat valid, hasil dari validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 94% dan dapat dikategorikan kedalam kategori sangat valid, hasil dari validasi ahli bahasa mendapat persentase sebesar 92% dan dapat dikategorikan kedalam kategori sangat valid. Respon peserta didik setelah dilakukan uji coba dan diberikan angket mendapatkan persentase sebesar 97% dan dapat dikategorikan kedalam kategori sangat valid, serta respon dari guru mendapatkan persentase sebesar 92% dan dapat dikategorikan kedalam kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian kevalidan yang diberikan oleh ahli validasi serta respon yang diberikan oleh pendidik serta guru dapat ditarik kesimpulan bahwa LKPD berbasis Liveworksheet valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada siswa kelas V SDN 2 Pucangombo.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...