Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): Volume 08 No 02, September 2023

PENGARUH INTENSITAS MENONTON DRAMA KOREA TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA KOREA PADA KOMUNITAS KOREAN CULTURE CLUB PEKANBARU

Wirdatul Aini (Universitas Riau)
Evawani Elysa Lubis (Universitas Riau)
Ringgo Eldapi Yozani (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2023

Abstract

Drama Korea merupakan salah satu produk Korean Wave yang mengacu pada drama televisi bergaya miniseri dalam bahasa Korea. Dengan pesatnya perkembangan media massa di era globalisasi saat ini, memberikan kemudahan dalam mengakses drama Korea. Media massa juga juga menjadi media pembelajaran bagi pecinta drama Korea yang sangat mengapresiasi drama Korea dan tertarik untuk mempelajari bahasa Korea. Salah satu komunitas pecinta Korea yang ada di pekanbaru yakni komunitas Korean Culture Club Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh intensitas menonton drama Korea terhadap minat belajar bahasa Korea pada komunitas Korean Culture Club Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dokumentasi. Penarikan sampel menggunakan Teknik sensus sampling dengan total responden sebanyak 110 orang. Data dianalisis menggunakan metode regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 26 dan koefisien determinasi (R2). Penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai Y = 22,492 + 0,983X, nilai konstanta (a) sebesar 22,492 dan koefisien variabel X sebesar 0,983. Sedangkan t hitung 6,329 lebih besar dari t tabel 1,982, dimana H0 ditolak dan terima Hα diterima dengan signifikansi 0,05. Berdasarkan hal tersebut maka minat belajar bahasa Korea pada komunitas Korean Culture Club Pekanbaru berada pada kategori “rendah” dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 27,1%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...