Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): Volume 08 No 02, September 2023

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMROGRAMAN BERBANTUAN SCRATCH PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH KELAS V SD

Nandita Afifah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dindin Abdul M L (PGSD Universitas Pendidikan Indonesia)
Asep Nuryadin (PGSD Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar pemrograman dengan menggunakan Scratch materi operasi hitung bilangan cacah yang sesuai dengan kriteria valid dan praktis untuk pembelajaran informatika. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode Educational, Design, Research (EDR). Subyek penelitian terdiri dari 10 siswa dari kelas V-C di SDN 1 Sindangkasih. Teknik pengumpulan data meliputi lembar validasi dan angket kepraktisan. Hasil validasi dari 2 validator menunjukkan bahwa skor rata-rata adalah 91,47%, yang menunjukkan kualifikasi yang sangat valid. Selanjutnya, pada tahap uji coba produk pertama, hasil angket kepraktisan menunjukkan rata-rata 89,50% dalam kategori praktis. Sedangkan pada tahap uji coba kedua, angket kepraktisan menunjukkan rata-rata 92,57% dalam kategori praktis. Oleh karena itu, bahan ajar pemrograman yang telah dikembangkan dapat dijadikan sarana pembelajaran informatika pada topik operasi hitung bilangan cacah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...