Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): Volume 08 No 02, September 2023

ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PASCA PANDEMI COVID-19 PADA PESERTA DIDIK DI SDN KEBONAGUNG 4 PORONG

Sri Wahyuni (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Tri Linggo Wati (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pasca pandemi Covid-19. Selain hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang dampak kepada peserta didik, serta yang menyebabkan peserta didik memiliki motivasi belajar yang tinggi maupun rendah. Jenis penelitian yang di gunakan merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang di lakuakn di SDN Kebonagung 4 Porong. Dilakukannya observasi yang mana peserta didik masih banyak yang beragam terkait motivasi belajarnya, ada yang motivasi belajarnya tinggi dan ada juga yang rendah, yang kemudian di lakukan wawancara dan dokumentasi sebagai pengambilan datanya. Setelah di lakukan pengambilan data, di lakukan analisis data dengan melakukan pengumpulan data, pemilahan data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam memotivasi peserta didik sangat berpengaruh, faktor lingkungan juga sangat berdampak, dan media pembelajaran yang di lakukan oleh pendidik menjadi hal yang penting karena bisa menarik minat peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...