Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pasca pandemi Covid-19. Selain hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang dampak kepada peserta didik, serta yang menyebabkan peserta didik memiliki motivasi belajar yang tinggi maupun rendah. Jenis penelitian yang di gunakan merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang di lakuakn di SDN Kebonagung 4 Porong. Dilakukannya observasi yang mana peserta didik masih banyak yang beragam terkait motivasi belajarnya, ada yang motivasi belajarnya tinggi dan ada juga yang rendah, yang kemudian di lakukan wawancara dan dokumentasi sebagai pengambilan datanya. Setelah di lakukan pengambilan data, di lakukan analisis data dengan melakukan pengumpulan data, pemilahan data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam memotivasi peserta didik sangat berpengaruh, faktor lingkungan juga sangat berdampak, dan media pembelajaran yang di lakukan oleh pendidik menjadi hal yang penting karena bisa menarik minat peserta didik.
Copyrights © 2023