Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): Volume 08 No 02, September 2023

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS MI/SD

Inggit Wijayanti (UIN Sunan Kalijaga)
Anita Ekantini (UIN Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2023

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka di MI/SD menemui berbagai tantangan, salah satunya ialah penggabungan mata pelajaran IPA dan IPS menjadi IPAS. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran IPA di MI/SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode library research. Data didapatkan dari dari buku, jurnal, maupun terbitan lain yang sesuai topik penelitian. Temuan penelitian ini ialah: Pembelajaran IPA MI/SD pada kurikulum merdeka digabung dengan IPS menjadi IPAS. Pelaksanaan pembelajaran IPA dan IPS di SD/MI sendiri belum sepenuhnya diintegrasikan secara konten. Walaupun materi IPA dan IPS berada dalam satu buku, pelaksanaan pembelajaran IPA masih dibelajarkan secara terpisah dengan IPS. IPA diajarkan pada semester ganjil dan IPS diajarkan pada semester genap

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...