Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): Volume 08 No 02, September 2023

ANALISIS PENGGUNAAN METODE SPEED READING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI DANGDEUR 1 KECAMATAN JAYANTI KABUPATEN TANGERANG

Kholis Nurfalah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
M. Azdi (Unknown)
Septy Nurfadhillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode speed reading dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di SD Negeri Dangdeur 1 Kecamatan Jayanti Kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil data di SD Negeri Dangdeur 1 Kecamatan Jayanti Kabupaten Tangerang dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V-B dan guru kelas. Pengumpulan data di lakukan dengan observasi, Wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode speed reading dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa telah memenuhi target. Hal ini dapat dilihat dengan menggunakan metode speed reading kemampuan membaca siswa pada kelas V- B meningkat. Siswa mampu speed reading dengan baik dan konsentrasi saat proses pembelajaran berlangsung. Sehingga siswa mampu menyerap informasi secara cepat, siswa mampu meningkatkan pemahaman, siswa cepat menemukan ide pokok, siswa mampu skimming dan scanning dan konsentrasi saat pembelajaran speed reading berlangsung. Yang berarti SD Negeri Dangdeur 1 terutama pada guru kelas V-B tersebut sudah menerapkan metode speed reading dengan baik, sebagai acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Peran siswa dalam penggunaan metode speed reading juga sudah baik, dan siswa lebih termotivasi lagi untuk membaca dan siswa terlihat aktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode speed reading.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...