JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)
Vol 7, No 2 (2023): SEPTEMBER 2023

Implementasi Algoritma Queue untuk Menentukan Prioritas Pelayanan Umum di Rumah Sakit

Jorgha Akram Aryandi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Muhammad Azmi Nugraha (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yahya Aliman Aidil Basith (Universitas Pendidikan Indonesia)
Muhammad Fahmi Pratama (Universitas Pendidikan Indonesia)
Deden Pradeka (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dian Anggraini (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2023

Abstract

Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan salah satunya adalah pelayanan umum. Salah satu yang ada pada pelayanan di Rumah Sakit adalah poli umum, dimana pasien melakukan kunjungan dan mendaftar sampai akhirnya mendapatkan nomor antrian kunjungan yang masih dilakukan secara manual dan menyebabkan banyak waktu pasien terbuang percuma untuk menunggu. Untuk mengatasi masalah diatas adalah dengan membangun Sistem Antrian Online Kunjungan Pasien berbasis web berdasarkan priority queue dimana sistem ini memudahkan pasien registrasi, sehingga proses pengambilan antrian pasien tidak memakan waktu lama dan menjadi lebih efisien bagi pasien. Untuk itulah digunakan metode waterfall. Perancangan sistem antrian dibangun menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Secara umum cara kerja sistemnya yaitu pasien melakukan registrasi di menu halaman home. Lalu pasien melakukan login dengan user yang telah didaftarkan. Setelah login, pasien mengambil antrian dengan memilih poli terlebih dahulu.  Maka, nomor antrian akan ditampilkan pada halaman tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jiko

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer) is a scientific journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat of Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM) Yogyakarta, Indonesia. First published in 2016 for a printed and online version. We receive original research ...