Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 6 No. 2 (2023): Agustus

Multimedia Interaktif Berorientasi Profil Pelajar Pancasila Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungan pada Muatan IPS Kelas V Sekolah Dasar

I Made Yogi Diputra (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Wayan Sujana (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini didasari atas permasalahan belum mampunya guru menghadirkan media pembelajaran yang menarik dan inovatif sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar IPS siswa menjadi rendah. Maka dari itu, diperlukan sebuah media yang mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berorientasi Profil Pelajar Pancasila yang diperuntukkan bagi siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 19 siswa kelas V SD. Hasil uji rancang bangun oleh ahli memperoleh skor sebesar 90,91% (sangat baik), hasil uji kelayakan ahli isi diperoleh skor sebesar 90,63% (sangat baik), ahli desain sebesar 90% (sangat baik), ahli media sebesar 90,91% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 94,05% (sangat baik), uji coba kelompok kecil sebesar 93,06% (sangat baik), dan uji coba lapangan sebesar 92,58 (sangat baik). Hasil uji efektivitas memperoleh nilai thitung  sebesar 8,487. Dengan demikian, multimedia interaktif berorientasi Profil Pelajar Pancasila materi interaksi manusia dengan lingkungan kelas V efektif diterapkan dalam proses pembelajaran. Melalui penelitian ini, diharapkan guru mampu  menghadirkan media pembelajaran yang  inovatif  bagi siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...