Penelitian ini didasari atas permasalahan belum mampunya guru menghadirkan media pembelajaran yang menarik dan inovatif sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar IPS siswa menjadi rendah. Maka dari itu, diperlukan sebuah media yang mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berorientasi Profil Pelajar Pancasila yang diperuntukkan bagi siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 19 siswa kelas V SD. Hasil uji rancang bangun oleh ahli memperoleh skor sebesar 90,91% (sangat baik), hasil uji kelayakan ahli isi diperoleh skor sebesar 90,63% (sangat baik), ahli desain sebesar 90% (sangat baik), ahli media sebesar 90,91% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 94,05% (sangat baik), uji coba kelompok kecil sebesar 93,06% (sangat baik), dan uji coba lapangan sebesar 92,58 (sangat baik). Hasil uji efektivitas memperoleh nilai thitung sebesar 8,487. Dengan demikian, multimedia interaktif berorientasi Profil Pelajar Pancasila materi interaksi manusia dengan lingkungan kelas V efektif diterapkan dalam proses pembelajaran. Melalui penelitian ini, diharapkan guru mampu menghadirkan media pembelajaran yang inovatif bagi siswa.
Copyrights © 2023