Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 4 (2023): Journal on Teacher Education

Peningkatan Keterampilan Motorik Halus melalui Kegiatan Membentuk dengan media Tanah Liat

Afifah Afifah (STKIP Situs Banten)
Amat Hidayat (Universitas Bina Bangsa)
Elis Mayasari (STKIP Situs Banten)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran menggunakan media tanah liat dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada siswa kelompok A di TK Nurul Iman Serang Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok A dengan jumlah sebanyak 15 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisa data kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui catatan lapangan, lembar observasi, catatan wawancara, catatan dokumentasi. Analisa data kuantitatif digunakan untuk mengetahui persentase peningkatan keterampilan motorik halus setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan media tanah liat. Hasil penelitian ini. menunjukan adanya peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan membentuk dengan tanah liat. Pada siklus I, diperoleh peningkatan sebesar 47% dan meningkat menjadi 60.68%. Pada siklus II. Berdasarkan data kuantitatif tersebut yang diperkuat dengan temuan data kualitatif bahwa kegiatan membentuk dengan menggunakan media tanah liat dapat meningkatkan keterampilan motorik halus.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...