Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 1 (2023): Journal on Teacher Education

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana melalui Media Papan Pecahan

Yeni Rahmawaty (Universitas Muhammadiyah Malang)
Belinda Dewi Regina (Universitas Muhammadiyah Malang)
Atot Samboro (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2023

Abstract

Nilai rata-rata siswa paling rendah dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain. Karena proses pembelajaran guru banyak menggunakan metode ceramah sehingga bersifat monoton. Dalam halini perlu dilakukan upaya peningkatan pemahaman siswa tentang konsep pecahan sederhana menggunakan media pembelajaran kartu pecahan. Media ini dapat menguatkan pemahaman siswa, sehingga memberikan kesan pada siswa selain itu dapat meningkatkan minat siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan oleh peniliti pada siswa kelas IV SDN 2 Somoroto. Pelaksanaan penelitian ada 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian ini terjadi peningkatan di setiap siklusnya. Dibuktikan dengan nilai belajar siswa siklus I dengan nilai tuntas sebanyak 9 siswa 73,9%, siklus II nilai tuntas naik 4 siswa menjadi 13 siswa 91,3%. Sedangkan aktivitas guru dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan 11,7 % dari 73,3% siklus I menjadi 83,3% siklus II, Sehingga aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menggunakan media papan pecahan meningkat mencapai target lebih dari 75% dengan predikat keberhasilan sangat baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...