JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 16, No 2 (2023): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 16 Nomor 2 Agustus

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR BERDASARKAN TEORI KRIEGLER DITINJAU DARI ASAL SEKOLAH

Hestu Wilujeng (Institut Agama Islam Negeri Ponorogo)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2023

Abstract

Tujuan peneliian ini untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar berdasarkan teori Kriegler ditinjau dari asal sekolah. Hal ini dikarenakan berdasarkan hasil pengamatan peneliti ketika mengajar matakuliah aljabar pada mahasiswa semester dua, masih banyak mahasiswa yang kesulitan dalam memahami masalah dalam aljabar, kemampuan mahasiswa dalam memodelkan masalah ke dalam notasi aljabar juga cukup rendah sehingga dalam proses penyelesaian mengalami banyak kesalahan. Perbedaan asal sekolah secara pemikiran peneliti juga mempengaruhi kemampuan berpikir aljabar karena pemberian materi matematika pada tingkat sekolah menengah berdasarkan kurikulum masing-masing sekolah tersebut. Metode penelitian dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data dengan tes dan wawancara. Subyek penelitian dipilih 3 secara random berdasar asal sekolah. S.A, S.M dan S.K  mampu pada indikator pemecahan masalah dan pemodelan matematis. S.A, S.M dan S.K belum mampu menggunakan penalaran dalam menyelesaikan soal tersebut.  Kata kunci: Kemampuan Berpikir Aljabar, Asal Sekolah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...