YUME : Journal of Management
Vol 4, No 3 (2021)

Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen terhadap Loyalitas Nasabah pada PT BRI Cabang Belopa

Ansri Jayanti ((Orc ID : https://orcid.org/0000-0003-0155-2555) (Sinta ID : 6675772) STIE Amkop Makassar)
Tasrim Tasrim (Unknown)
Nuradhitya Nuradhitya (Unknown)
Jumriati Jumriati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

AbstrakBank adalah lembaga keuangan yang kegiatan utamanya adalah menghipun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat. Hubungan yang baik ini seperti membangun kepercayaan dan komitmen konsumen merupakan sebuah keharusan dalam rangka meinciptakan konsumen yang loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan dan komitmen terhadap loyalitas nasabah pada PT. BRI Cabang Belopa. Kosioner ini dirancang dengan menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah rekening yang berjumlah 26.486 dengan sampel sebanyak 100 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Metode analisis digunakan unutuk melihat pengaruh variabel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian ini secara simultan maupun parsial menunjukkan bahwa kepercayaan dan komitmen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. PT BRI Cabang Belopa.Kata Kunci: Kepercayaan, Komitmen, dan Loyalitas NasabahAbstractBanks are financial institutions whose main activity is to collect funds from the public and channel them back to the public. This good relationship is like building consumer trust and commitment is a must in order to create consumers loyality. This study aims to determine and analyze the effect of trust and commitment on customer loyalty at PT. BRI Belopa. The questionnaire was designed using a Likert scale. The population in this study were all account customers totaling 26,486 with a sample of 100 people. The analysis used in this research is multiple linear regression. The method of analysis is used to see the effect of the independent variable with the dependent variable. The results of this study simultaneously or partially indicate that trust and commitment have a significant effect on PT BRI Belopa customer loyalty.Keywords: Trust, Commitment, and Customer Loyalty

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...