JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 7 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Perancangan Board Game sebagai Media Edukasi Bicara Siswa Berkebutuhan Khusus “Speech Delay”

Cristi Tesalonika (Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)
T. Arie Setiawan Prasida (Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)
Jasson Prestiliano (Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2023

Abstract

Manusia adalah salah satu ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Anak juga adalah anugerah dari Tuhan yang diberikan kepada setiap orang tua. Anak dapat terlahir dalam kondisi yang normal maupun berkebutuhan khusus, salah satunya adalah “Speech Delay”. Setiap anak memiliki hak yang sama dalam mendapatkan pendidikan. Speech delay merupakan suatu gangguan kesulitan bicara pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang Board Game sebagai media edukasi bicara untuk anak Speech delay. Metode deskriptif, pendekatan kualitatif, pengimplementasian Single Subject Research (SSR) dan dengan strategi linear digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini bahwa anak Speech Delay, mendapatkan stimulus dengan baik dari media Board Game, sehingga Board Game yang dirancang untuk media edukasi bicara dinilai sangat efektif dan menyenangkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...