Dalam dunia pendidikan siswa-siswi diharapkan memiliki kemampuan berbicara didepan umum yang baik namun berbicara di depan umum dapat mengakibatkan kecemasan berbicara di depan umum. Faktor yang perlu dimiliki siswa-siswi saat melakukan berbicara di depan umum yaitu self efficacy yang membantu siswa-siswi dalam menghadapi tekanan seperti kecemasan berbicara di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa-siswi SMA. Penelitian menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan desain korelasional melalui teknik sampling jenuh dan menggunakan alat ukur dengan skala self efficacy berbicara di depan umum dan skala kecemasan berbicara di depan umum serta menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan negatif signifikan antara self efficacy dengan kecemasan berbicara di depan umum dari siswa-siswi kelas 10 di SMA dengan koefisien korelasi sebesar -0,596 dengan sig 0,000 (p<0,05), artinya hipotesis diterima dan self efficacy memberikan sumbangan efektif terhadap kecemasan berbicara di depan umum yaitu sebesar 35,5%.
Copyrights © 2023