JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 10 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Hubungan Self Efficacy dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Siswa-Siswi SMA Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan Jawa Tengah

Linda Maistika (Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia)
Heru Astikasari Setya Murti (Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2023

Abstract

Dalam dunia pendidikan siswa-siswi diharapkan memiliki kemampuan berbicara didepan umum yang baik namun berbicara di depan umum dapat mengakibatkan kecemasan berbicara di depan umum. Faktor yang perlu dimiliki siswa-siswi saat melakukan berbicara di depan umum yaitu self efficacy yang membantu siswa-siswi dalam menghadapi tekanan seperti kecemasan berbicara di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa-siswi SMA. Penelitian menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan desain korelasional melalui teknik sampling jenuh dan menggunakan alat ukur dengan skala self efficacy berbicara di depan umum dan skala kecemasan berbicara di depan umum serta menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan negatif signifikan antara self efficacy dengan kecemasan berbicara di depan umum dari siswa-siswi kelas 10 di SMA dengan koefisien korelasi sebesar -0,596 dengan sig 0,000 (p<0,05), artinya hipotesis diterima dan self efficacy memberikan sumbangan efektif terhadap kecemasan berbicara di depan umum yaitu sebesar 35,5%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...