JIPHO ( Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)
Vol 5, No 3 (2023): JIPHO (Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)

Bentuk Tanduk dan Kepala Sapi Bali yang Dipelihara Secara Ekstensif di Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana

Milda Milda (Fakultas Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridharma Jl. H. E. A. Mokodompit, Andonohu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232.)
Rahim Aka (Fakultas Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridharma Jl. H. E. A. Mokodompit, Andonohu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232.)
Natsir Sandiah (Fakultas Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridharma Jl. H. E. A. Mokodompit, Andonohu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232.)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2023

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk tanduk dan kepala sapi Bali di Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana. Sampel penelitian ini yaitu sapi Bali yang dipelihara di Desa Lemo-Lemo dan Desa Tiromai sebanyak 250 ekor terdiri atas 42 ekor jantan dan 208 betina. Penetuan lokasi di lakukan secara purposive sampling. Data ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif dengan cara menghitung frekuensi dan ditampilkan dalam bentuk persentase untuk setiap sifat. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk tanduk pada sapi Bali jantan dominan silak anoa (57,14%) dan silak bajej (33,33%) sedang pada sapi Bali betina adalah silak anoa (46,15%). Bentuk kepala pada sapi Bali jantan dominan adalah bentuk kepala lebar (64,29%) dan betina bentuk kepala panjang (60,1%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk tanduk dan kepala sapi Bali di Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana masih beragam. Kata Kunci : Sapi Bali, Bentuk Tanduk dan Kepala, Poleang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPHO

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo (JIPHO) adalah jurnal ilmiah bidang peternakan yang mencakup; pemuliaan dan genetika, reproduksi, fisiologi, nutrisi, teknologi pakan, hijauan pakan, produksi ternak, bioteknologi, tingkah laku, kesehatan, sistem peternakan, sosial ekonomi, kebijakan, dan teknologi ...