Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menentukan seberapa besar pengaruh dari penggunaan media pembelajaran crossword Puzzle dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan menjadikan inovasi baru untuk guru agar dapat menggunakan nya secara optimal dalam pembelajaran serta diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik dikarenakan keunikan yang ada pada media crossword puzzle.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan metode pendekatan Deskriptif Analisis Korelasional yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik Sampling pada penelitian ini yaitu Purposive Sampling dikarenakan peneliti melakukan penelitian hanya di satu kelas yaitu kelas XII Animasi 3 yang berjumlah 35 siswa. Serta penelitian ini dalam menganalisis data menggunakan Product Moment.Hasil dari penelitian ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis besarnya pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar tergolong tinggi/kuat yaitu sebesar 0,732 atau 73,2%. Hal ini dapat dilihat dari besarnya “r†observasi (ro) dengan “r†product moment (rt). Seperti yang diketahui “r†observasi (ro) yang diperoleh adalah 0,732 sedangkan rt masing-masing 0,344 dan 0,442. Dengan demikian dapat diketahui bahwa ro > rt baik pada taraf signifikan 5% atau 1%. Maka dari hasil tersebut hipotesis nihil (Ho) ditolak, sedangkan hipotesis alternative (Ha) diterima. Artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Media pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMKN 71 Jakarta.
Copyrights © 2023