Madrasah merupakan salah satu bagian terpenting dalam sistim pendidikan Nasional. Salah satu persoalan yang dihadapi oleh madrasah adalah terkait manajemen mutu pendidikan. MTSN 2 Lombok Tengah adalah sebuah lembaga yang dijadikan obyek penelitian terkait manajemen mutu pendidikan berbasis TIK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif . Rancangan penelitian menggunakan studi kasus yang dilakukan di MTSN 2 Lombok Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui member check, dan diskusi dengan temansejawat.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Manajemen Mutu pendidikan di MTSN 2 Lombok Tengah mengacu pada Kurikulum Nasional dengan memiliki sumber daya manusia pendidik dan Tenaga Kependidikan yang memiliki kompotensi sumber daya manusia yang profesional dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada MTSN 2 Lombok Tengah. (2) Pembelajarandengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasimemberikan hal yang sangat baik, terutama dalam hal pemanfaatan pembelajaranlebih praktis, pemanfaatan waktu lebih optimal dan pemanfaatan materi lebihmudah dan bervariasi. Sehingga peserta didik sangat antusias dalam prosespembelajaran. Kedua pemanfaatan media teknologi informasi memberikan dampakpositif terhadap proses pembelajaran peserta didik dalam meningkatkan minatbelajar dalam proses pembelajaran. Selain menyenangkan juga dapatmembangkitkan motivasi, semangat dalam mengikuti pembelajaran di Madrasah. (3). Pelaksanaan pembelajaran di MTSN 2 Lombok Tengah mengacu pada kurikulum nasional di mulai melakukan perencanaan dan pembentukan Tim Pengembang Kurikulum, perumusan kerangka dasar kurikulum berdasarkan landasan filosofis, yuridis dan teoritis, penyusunan struktur kurikulum dan standar kompetensi berdasarkan Kurikulum Nasional.
Copyrights © 2023