Sekolah Menengah Kejuruan yang masih menggunakan model dan metode pembelajaran konvensional salah satunya ialah SMKN 3 Malang. Media pembelajaran yang dibutuhkan untuk mengembangkan kualitas pembelajaran yaitu media pembelajaran interaktif. AhaSlides adalah platform presentasi interaktif yang memungkinkan pengguna untuk membuat presentasi dengan fitur-fitur interaktif seperti polling, kuis, dan pertanyaan langsung dari audiens. Kurangnya sarana dan prasarana di SMKN 3 Malang seperti komputer yang mengakibatkan siswa kurang berperan dalam aktivitas belajar. Oleh sebab itu, peneliti melangsungkan penelitian perihal pengaruh Discovery Learning menggunakan platform AhaSlides terhadap nilai hasil belajar siswa kelas 10 mata pelajaran Informatika SMKN 3 Malang. AhaSlides dipilih karena siswa dapat bergabung langsung dengan pembelajaran meski melalui handphone. Penelitian dilakukan dengan pendekatan Quasi Eksperimental mengimplementasikan Nonequivalent control group design. Hasil penelitian membuktikan adanya perbedaan antara nilai hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dibuktikan dari nilai t hitung 7,014 > dari t tabel yaitu 1,670. Pembuktian lainnya juga dibuktikan dari selisih rata-rata sebesar 16.647. Oleh sebab itu, disimpulkan Discovery Learning dengan media AhaSlides berpengaruh guna mengoptimalkan nilai hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023