Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 7 No 14 (2023): Antrian Publikasi

Analisis Kepuasan Pengguna LMS Online Bootcamp dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus: Online Bootcamp XYZ)

Sarah Uli Octavia (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Satrio Hadi Wijoyo (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Almira Syawli (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2023

Abstract

Didirikan tahun 2020 di tengah masa pandemi yang melambungnya tingkat pengangguran, XYZ merupakan startup yang berinisiasi untuk mengupayakan setiap orang dalam membantu mendapatkan pekerjaan. Platform pembelajaran dan persiapan karir digital yang telah terdaftar dan diawasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) ini menyediakan program bootcamp dan penyaluran kerja bagi alumni program. Sebagai komitmen untuk memberikan pengalaman pembelajaran terbaik, XYZ menyediakan Learning Management System (LMS) sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Content, Accuracy, Format, Timelines, dan Ease of Use pada LMS XYZ. Penelitian kuantitatif dengan penyebaran kuesioner ini diolah dengan analisis deskriptif dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk menilai kinerja dari aplikasi LMS XYZ berdasarkan kepentingan dari setiap variabel. Karakteristik populasi adalah pengguna LMS XYZ itu sendiri yang difokuskan pada student aktif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling berjumlah 110 responden. Hasil penelitian diperoleh bahwa hampir seluruh kualitas kinerja layanan termasuk kategori sangat tinggi. Berdasarkan analisis tingkat kesesuaian, kepuasan pengguna pada setiap variabel antara lain, Content 96,24%, Accuracy 96,67%, Format 97,16%, Timeliness 95,55%, dan Ease of Use 95,99%. Rekomendasi untuk pengembangan aspek layanan diberikan berdasarkan analisis kuadran faktor kepentingan dan kinerjanya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...