JPLED
Vol. 3 No. 3 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development

STRATEGI PEMBINAAN DISIPLIN PESERTA DIDIK

Renyda Murni Syafriaki (Unknown)
Anisah (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan tentang pembinaan disiplin peserta didik melalui keteladanan, pengawasan, punishment/hukuman, dan reward/ganjaran. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan populasi 1.260 siswa dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 93 siswa, penentuan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian adalah angket model Skala Likert yang telah teruji validitas dan realibilitasnya. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan rumus rata-rata (mean). Secara keseluruhan pembinaan disiplin peserta didik oleh guru di SMKN 5 Padang tergolong dalam kategori baik dengan skor rata-rata 4,10.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...