JPLED
Vol. 3 No. 3 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development

SEMANGAT KERJA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KOTA PARIAMAN: SEMANGAT KERJA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KOTA PARIAMAN

Hernanda Septiani (Unknown)
Nelfia Adi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya semangat kerja tenaga administrasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi semangat kerja tenaga administrasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Pariaman yang ditinjau dari dari indikator antusias, inisiatif dan senang terhadap pekerjaan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif, yang memiliki populasi sebanyak 64 orang tenaga administrasi sekolah. Sampel yang digunakan berjumlah 41 orang tenaga administrasi sekolah. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala likert dengan jumlah soal 46 item. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan lima pilihan jawaban yaitu selalu (SL), sering (SR), jarang (JR), kadang-kadang (KD), tidak pernah (TP). Angket penelitian ini telah diuji validitas dan reliabilitasnya, selanjutnya data penelitian diolah dengan rumus rata-rata (mean). Dari hasil pengolahan data didapat bahwa semangat kerja Tenaga Administrasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Pariaman pada indikator 1) antusias dengan rata-rata 4.26 pada kategori tinggi, 2) inisiatif dengan rata-rata 4.23 pada kategori tinggi, 3) senang terhadap pekerjaan dengan rata-rata 4.20 pada kategori tinggi. Dengan demikian, disimpulkan bahwa Semangat Kerja Tenaga Administrasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Pariaman beradap pada kategori tinggi dengan skor 4.23. Dari hasil yang didapat maka peneliti menyarankan agar semangat kerja tenaga administrasi sekolah dipertahankan serta perlu ditingkatkan lagi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...