JPLED
Vol. 3 No. 3 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development

Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN Kecamatan Koto Tangah

Riska Rahmadani (Unknown)
Anisah (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi penulis yang dilaksanakan di SMA Negeri Sekecamatan Koto Tangah Kota Padang, yang menunjukkan bahwa masih belum maksimalnya pelaksanaan kepemimpinan pembelajaran di SMA Negeri Sekecamatan Koto Tangah Kota Padang dilihat dari aspek penyusunan misi sekolah, pengelolaan pembelajaran, dan menciptakan iklim sekolah yang kondusif. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif,  dengan populasi dalam penelitian ini adalah 167 guru dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 63 guru yang di ambil dengan menggunakan teknik probably sampling dengan metode purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner dalam bentuk skala likeart yang sudah di uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Data hasil penelitian di dapatkan bahwa persepsi guru tentang kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri Sekecamatan Koto Tangah Kota Padang dari aspek penyusunan misi sekolah, pengelolaan pembelajaran, dan menciptakan iklim sekolah yang kondusif tergolong dalam kategori baik dengan skor rata-rata 4,28.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...