JPLED
Vol. 3 No. 3 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development

Kompetensi Digital Guru di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kecamatan Padang Selatan

Fira April Liani Fira April Liani (Unknown)
Tia Ayu Ningrum (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Artikel ini membahas tentang kompetensi digital guru di Sekolah Menengah Atas (SMA). Latar belakang penelitian ini dilakukan karena adanya perkembangan teknologi yang mengarah kepada alat-alat yang semakin terdigitalisasi, dan dorongan peningkatan kualitas guru supaya mampu mengimbangi perubahan yang ada pada saat ini maka diperlukannya kompetensi digital guru untuk menjawab kebutuhan peserta didik. Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran ditujukan agar memudahkan dan mengefektifkan kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik diharapkan mendapatkan materi pembelajaran melalui media digital yang telah disediakan, tujuannya adalah agar mendapatkan  gambaran informasi kompetensi digital dan upaya peningkatan kompetensi digital guru. Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif Kuantitatif, populasi penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di SMA Kecamatan Padang Selatan dengan jumlah 110 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan Teknik Proportional Simple Random Sampling dengan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10% sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan model Skala Likert dengan lima pilihan jawaban. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan SPSS versi 21. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen kompetensi digital guru tersebut valid dan reliabel. Data penelitian diolah dengan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 21. Melakukan analisis deskriptif dihitung terlebih dahulu. Kemudian dilakukan uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) konten pembelajaran digital dengan skor rata-rata 4.19 dan nilai capaian 83.77% kategori tinggi. 2) informasi digital dengan skor rata-rata 4.26 dan nilai capaian 85.04% kategori tinggi. 3) komunikasi online dengan skor rata-rata 4.28 dan nilai capaian 85.54% kategori tinggi. 4) pemecahan masalahan dengan skor rata-rata 4.1 dan nilai capaian 81.85% kategori tinggi. 5) keamanan digital dengan skor rata-rata 4.3 dan nilai capaian 86% kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi digital guru di SMA Kecamatan Padang Selatan pada kategori tinggi. Kepada guru agar lebih meningkatkan kompetensi digital guru dalam konten pembelajaran digital, informasi digital, komunikasi online, pemecahan masalah, dan keamanan teknologi digital dengan mau belajar lagi agar lebih baik dalam pemanfaatan media digital yang fleksibel dan memudahkan antara guru dan para murid dengan pembelajaran yang efisien dan efektif

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...