JPLED
Vol. 3 No. 3 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development

Pembinaan Disiplin Siswa Di SMK Negeri 6 Padang

Liza Safira (Unknown)
Syahril (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar beakangi oleh kurangnya pembinaan disiplin siswa di siswa di SMK Negeri 6 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai: 1) kondisi kedisiplinan siswa, masalah dalam pembinaan disiplin siswa, upaya yang dilakukan dalam pembinaan disiplin siswa di SMK Negeri 6 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik snowball sampling dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, guru BK dan beberapa wali kelas. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : kondisi kedisiplinan siswa di SMK Negeri 6 Padang sudah berjalan dengan baik, tetapi masih ada beberapa siswa yang masih melakukan pelanggaran dengan alasan seperti keterlambatan. Dari segi pakaian, kemudian masalah potongan rambut yang tidak sewajarnya, serta masalah warna sepatu dan lain sebagainya. Penyebabnya yaitu dari faktor dari dalam seperti diri sendiri dan keluarga, dan faktor dari luar seperti pertemanan dan lingkungan sekitar. Upaya yang dilakukan yaitu pembinaan dengan keteladanan, pembinaan dengan pembiasaan, pembinaan dengan nasehat yang baik danĀ  pembinaan dengan hukuman.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...