Capaian jumlah pelayanan kesehatan Rumah Sakit Mata Bali Mandara tahun 2020 melampaui target yang telah ditentukan. Adanya potensi pelanggan yang besar harus mampu dijawab melalui alur pelayanan pasien yang baik dan memuaskan. Tujuan penelitian untuk menganalisis alur pelayanan pasien rawat jalan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Mata Bali Mandara. Metode penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus dan pendekatan cross sectional. Partisipan diambil dengan teknik purposive sampling, dan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Tahapan analisis data: persiapan analisis data, menghayati data, interpretasi data, verifikasi data, representasi data. Hasil penelitian menunjukkan manajemen alur pelayanan pasien rawat jalan BPJS kesehatan RSMBM, antara lain: (1) Dalam proses perencanaan (planning) sudah dilakukan sosialisasi dan penerapan alur pelayanan rawat jalan; (2) Dalam proses pengorganisasian (organizing) terdapat faktor yang menjadi penghambat yaitu jumlah SDM yang tidak sesuai kebutuhan; (3) Dalam proses pelaksanaan (actuating) diketahui bahwa waktu tunggu di loket pendaftaran masih menjadi sebuah permasalahan yang harus diselesaikan. Berkas administrasi pasien kurang lengkap, aturan BPJS menggunakan fingerprint, mesin Kios K menjadi faktor penghambat; (4) Dalam proses pengawasan (controlling) meliputi pengawasan dari atasan, rapat rutin, dan survei kepuasan. Simpulan penelitian adalah Rumah Sakit Mata Bali Mandara telah memiliki alur pelayanan rawat jalan namun dalam penerapannya belum optimal.
Copyrights © 2023