JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH
Vol 8, No 2 (2023): JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH

MODEL PENGEMBANGAN MUTU RANISH PADA SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR SWASTA

Helina Apriyani (Universitas Bina Sarana Informatika)
Diding Nurdin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Eka Prihatin (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Abstract Total Quality Management is an approach to an organization that focuses on quality and is based on the participation of all human resources and is aimed at long-term results and success through customer satisfaction and providing benefits to members of the organization. The main customers in this study are students and parents. The National Standards contained in PP No. 57 of 2020 have set national quality standards for education. Quality improvement in schools is the responsibility of all school members. In addition, the teacher is an important key in improving classroom learning which will later have an impact on improving the quality of education. All resources and efforts have been made in the process of improving the quality of schools, one of which is the application of sustainable national education standards. Furthermore, there is continuous TQM. In the development of models in achieving the quality of education is very necessary in the realization of education itself. Given the importance of the implications of quality assurance in the learning process, the RANISH quality development model was designed in the process of improving the quality of education. This research uses qualitative research methods with the DBR (Design Based Research) method approach. The DBR method is felt to be very suitable because the DBR method aims to provide solutions to any problems that arise and is relevant in order to develop a quality development model in educational units because it is able to bridge theory and practice. The recommendations for the RANISH quality development model are felt to be appropriate because they are based on precise and measurable quality control. Starting with the process of quality planning, quality control and quality improvement.Keywords: Development, Quality Model, TQM, Quality Control AbstrakTotal Quality Managemen merupakan suatu pendekatan pada suatu organisasi yang berfokus pada kualitas dan didasarkan atas partisipasi dari keseluruhan sumber daya manusia dan ditujukan kepada hasil dan kesuksesan jangka Panjang melalui kepuasan pelanggan dan memberikan manfaat pada anggota organisasi. Pelanggan utama dalam penelitian ini adalah siswa dan orang tua. Standar Nasional yang tertuang pada PP No 57 tahun 2020 sudah menetapkan standar mutu nasional Pendidikan. Peningkatan mutu di sekolah menjadi tanggung jawab seluruh warga sekolah. Selain itu, guru menjadi kunci penting dalam peningkatan pembelajaran dikelas yang nantinya akan berimbas pada peningkatan mutu Pendidikan. Segala daya dan upaya sudah dilakukan dalam proses peningkatan mutu disekolah, salah satu nya dengan penerapan standar nasional Pendidikan yang berkesinambungan. Selanjutnya adanya TQM yang berkelanjutan. Dalam pengembangan model dalam pencapaian mutu Pendidikan sangat diperlukan dalam realisasi di Pendidikan itu sendiri. Begitu pentingnya implikasi penjaminan mutu dalam proses pembelajaran, maka di desain lah model pengembangan mutu RANISH dalam proses peningkatan mutu Pendidikan. Peneleitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan metode DBR (Desain Based Research). Metode DBR ini dirasakan sangat cocok karena metode DBR ini bertujuan untuk memberikan solusi dari setiap permasalahan yang timbul serta relevan dalam rangka mengembangkan model pengembangan mutu pada satuan Pendidikan karena mampu menjembatani antara teori dan praktik. Rekomendasi model pengembangan mutu RANISH dirasakan sudah sesuai karena berdasarkan dengan quality control yang tepat dan terukur. Dimulai dengan proses quality planning, quality control dan quality improvement. Kata Kunci: Pengembangan, Model Mutu, TQM, Quality Control

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah (JKPS) merupakan jurnal ilmiah penelitian pendidikan yang memuat hasil penelitian dan/atau kajian analitis - kritis di bidang kepemimpinan kepala sekolah, proses pembelajaran dan evaluasi pendidikan dengan tujuan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan model ...