Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
Vol 3 (2023): Pembelajaran Berdeferensiasi dalam Mewujudkan Generasi Pancasila Unggul melalui Pembel

Muatan Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Matematika

Ragil Ayu Cintia (Program Studi Pendidikan Matematika,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Usfandi Haryaka (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Ikmawati Ikmawati (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk muatan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah 1 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan pendidikan karakter pada pelaksanaan pembelajaran matematika meliputi tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan guru mengelola karakter religius dengan berdoa, disiplin dengan masuk kelas tepat waktu dan peduli lingkungan dengan mengajak siswa menjaga kebersihan kelas, serta guru membertikan motivasi pada siswa. Pada kegiatan inti, guru mengelola pendidikan karakter dengan menerapkan metode pembelajaran diskusi sehingga membiasakan siswa memilki karakter demokratis, toleransi, peduli sosial, komunikatif, rasa ingin tahu, cinta damai, kerja keras, dan kreatif. Pada kegiatan penutup guru membiasakan siswa untuk memiliki karakter tanggung jawab dan kreatif dengan pemberian tugas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

psnpm

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ini membahas permasalahan dalam ranah pendidikan matematika seperti permasalahan dalam belajar mengajar matematika atau permasalahan metodologis dalam bidang penelitian dalam pendidikan matematika. Prosiding ini adalah hasil kerjasama dengan Himpunan ...