Jurnal Manajemen
Vol 3, No 1 (2023): Agustus

Analisis Pengaruh Berbagi Informasi pada Kinerja Rantai Pasok dengan Kepercayaan dan Hubungan Jangka Panjang sebagai Variabel Mediasi

Titik Kusmantini (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta)
Syifa Nur Azizah Assahidah (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta)
Tri Wahyuningsih (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Kondisi pasar yang sangat dinamis terutama pasca Pandemi COVID-19 mendorong pelaku UKM Batik Kabupaten Bantul untuk beradaptasi terhadap permintaan pasar dan kegiatan operasional mereka agar memiliki keunggulan kompetitif. Hubungan baik dengan pemasok memungkinkan pelaku usaha memperoleh kepercayaan dengan pemasok yang membuat proses berbagi informasi cepat dan akurat sehingga respon pelaku usaha terhadap kondisi pasar menjadi lebih cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis pengaruh Berbagi Informasi pada Kinerja Rantai Pasok dengan Kepercayaan dan Hubungan Jangka Panjang sebagai variabel mediasi (Studi pada UKM Batik Kabupaten Bantul). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data primer menggunakan sampel sebanyak 46 responden. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis Partial Least Square (PLS) dengan alat analisis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) berbagi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja rantai pasok, 2) kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja rantai pasok, 3) hubungan jangka panjang berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja rantai pasok, 4) berbagi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan, 5) berbagi informasi berpengaruh positif dan 6) signifikan terhadap hubungan jangka panjang, kepercayaan memediasi pengaruh berbagi informasi terhadap kinerja rantai pasok, dan hubungan jangka panjang tidak memediasi pengaruh berbagi informasi terhadap kinerja rantai pasok.Kata kunci: Berbagi Informasi, Kepercayaan, Hubungan Jangka Panjang, Kinerja Rantai PasokAbstract. A dynamic market conditions, after the COVID-19 Pandemic, have encouraged SME Batik in Bantul Regency to adapt to market demands and their operational activities intending to have a competitive advantage. Good relationships with suppliers enable SME to gain trust with suppliers which makes the process of sharing information fast and accurate so SME respond to market conditions quicker. This study aims to analyze the effect of Information Sharing on Supply Chain Performance with Trust and Long-Term Relationships as a mediating variable (Study on SMEs Batik Bantul Regency). This study uses a quantitative method with a questionnaire as a primary data collection tool using a sample of 46 respondents. Hypothesis testing using SmartPLS 3.0 analysis tool. The results of this study indicate that 1) information sharing has a positive and significant effect on supply chain performance, 2) trust has a positive and significant effect on supply chain performance, 3) long-term relationships have a positive but not significant effect on supply chain performance, 4) information sharing has an effect positive and significant effect on trust, 5) information sharing has a positive and 6) significant effect on long-term relationships, trust mediates the effect of information sharing on supply chain performance, and long-term relationships do not mediate the effect of information sharing on supply chain performance.Keywords : Capital Adequacy, MSME Lending, Company Performance

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen is a media or means of communication and scientific publication from the result of management science thought and research carried out by lecturers, researchers and related research institutions. Jurnal Manajemen are published twice a year (February and August) through Open Journal ...