Jejak: Jurnal Pendidikan Sejarah Universitas Jambi
Vol. 3 No. 1 (2023): Kajian Sejarah dan Pembelajaran Sejarah

SEJARAH PEMIKIRAN PENDIDIKAN KH. TB. ACHMAD CHATIB DI BANTEN (1948-1966)

Rohman, Abdul (Unknown)
Wibowo, Tubagus Umar Syarif Had (Unknown)
Maryuni, Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait sejarah pemikiran pendidikan KH. TB. Achmad Chatib di Banten pada tahun 1948-1966. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah, yang meliputi heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, terjadi perlawanan militer, perlawanan keagamaan, dan pemikiran. Salah satu tokoh pejuang dan ulama di Banten yaitu KH. TB. Achmad Chatib yang merupakan residen (gubernur) pertama di Banten setalah Indonesia merdeka, peran KH. TB. Achmad Chatib pada masa kolonialisme berupaya menciptakan nilai nasionalisme pemuda Banten. Perjuangannya tidak hanya dilakukan melalui perjuangan fisik, tetapi beliau juga berjuang melalui pemikiran khususnya dalam bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan KH. TB. Achmad Chatib menggagas buah pikiran yang diimplementasikan dalam wujud lembaga pendidikan. 1) Masarratul Muhtajin yaitu lembaga pendidikan yang bergerak dibidang nonformal untuk mengembangkan ilmu keagamaan, 2) Masarratul Muta’allimin yaitu lembaga pendidikan yang bergerak dibidang formal untuk mengembangkan ilmu pengetahuan umum, 3) Masarratut Tanjih yaitu lembaga sosial masyarakat untuk menjaga dan merawat peninggalan kesultanan Banten.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jejak

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Sejarah dan Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi yang berkerja sama dengan Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI). Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian asli, artikel konseptual, artikel review dan studi kasus. Fokus dan Cakupan ...