Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 12, No 3 (2023)

Development of E-Module Based on Blended Learning in Calculus Courses

Febria Ningsih (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)
Ria Deswita (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Pengembangan e-modul mata kuliah kalkulus berbasis blended learning untuk mahasiswa Jurusan Tadris Matematika IAIN Kerinci menjadi fokus penelitian ini. Penelitian ini dilakukan karena terdapatnya hambatan didaktis khususnya untuk bahan ajar sebesar 64% yang menjadikan mahasiswa kesulitan untuk belajar. Pengembangan e-modul berbasis blended learning bertujuan menghasilkan e-modul yang dapat dikategorikan valid dan praktis agar dapat digunakan oleh mahasiswa. ADDIE merupakan desain dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan. 30 orang menjadi subjek penelitian yang berasal dari mahasiswa jurusan tadris matematika IAIN Kerinci yang sudah dan sedang mengontrak mata kuliah kalkulus. Data diperoleh melalui teknik pemberian angket validitas dan angket praktikalitas lalu data dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan saran para ahli serta analisis kuantitatif untuk mengolah data hasil angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis blended learning pada mata kuliah kalkulus valid dan praktis.The focus of this research is the development of a blended learning-based calculus course e-module for students of the Mathematics Tadris Department at IAIN Kerinci. This research was carried out because there were didactic barriers, especially for teaching materials of 64%, which made it difficult for students to learn. The development of e-modules based on blended learning aims to produce e-modules that can be categorized as valid and practical so that students can use them. ADDIE is the design of the research and development carried out. 30 people who became the research subjects came from students majoring in mathematics at IAIN Kerinci who had and were currently contracting calculus courses. The data were obtained by administering validity and practicality questionnaires. Then, the data were analyzed using a qualitative descriptive method to describe the advice of experts and quantitative analysis to process the results of the questionnaire data. The results of this study obtained e-modules based on blended learning in valid and practical calculus courses.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mosharafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2086-4280 & e-ISSN: 2527-8827) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...