JURNAL TERUNA BHAKTI
Vol 6, No 1: Agustus 2023

Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Menanamkan Sikap Inklusif Generasi Z

Ribka Rahelni Putri (Sekolah Tinggi Teologi Ekumene, Jakarta)
Indraldo Undras (Sekolah Tinggi Teologi Ekumene, Jakarta)
Elieser R. Marampa (Sekolah Tinggi Teologi Ekumene, Jakarta)
Yoel Triyanto (Sekolah Tinggi Teologi Ekumene, Jakarta)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2023

Abstract

Radicalism is an ideology that causes an individual to have an extreme mindset in claiming the truth of the religion he adheres to and using violence to spread it. This makes radicalism a significant threat, especially for Generation Z, because it can form highly radical groups that threaten the peace of society and bring division in a pluralistic society so the author, who works as a PAK teacher, is trying to prevent this radicalism from spreading to generation Z, predominantly Christian students. So, the author began to instill an attitude of inclusivism in PAK learning to avoid the entry of radicalism in the current generation Z. So this research aims to analyze the extent to which instilling an attitude of inclusivism can be used to prevent radicalism from entering Generation Z. So the author uses a descriptive qualitative research approach with a literature study method to analyze the extent to which instilling an attitude of inclusivism can be applied to PAK learning to prevent radicalism in generation Z. The results of this study show that it is important to instill an attitude of inclusivism in Generation Z through one, Teaching students always to love everyone and two, Teaching students a philosophy of tolerance. Thus, an inclusive attitude helps students appreciate and respect each religious teaching in a pluralistic society. AbstrakRadikalisme merupakan paham yang membuat seorang individu memiliki pola pikir ekstrim dalam mengklaim kebenaran tunggal agama yang dianutnya dan dalam penyebarannya menggunakan kekerasan. Hal ini membuat radikalisme menjadi ancaman besar khususnya bagi generasi Z karena dapat membentuk kelompok radikal ekstrim yang mengancam kedamaian masyarakat serta membawa perpecahan dalam masyarakat majemuk maka penulis yang berprofesi sebagai guru PAK mengupayakan pencegahan paham radikalisme ini agar tidak menyebar pada generasi Z terkhusus siswa Kristen. Maka penulis mulai menanamkan sikap inklusivisme pada pembelajaran PAK untuk mencegah masuknya paham radikalisme di dalam diri generasi Z sekarang. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana penanaman sikap inklusivisme dapat digunakan dalam mencegah radikalisme masuk pada diri generasi Z. Maka penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka untuk menganalisis  sejauh mana penerapan penanaman sikap inklusivisme ini dapat diterapkan pada pembelajaran PAK untuk mencegah radikalisme pada generasi Z. Adapun hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa pentingnya menanamkan sikap inklusivisme pada generasi Z melalui: Satu, Mengajarkan peserta didik untuk selalu mengasihi semua orang, dan dua, mengajarkan peserta didik sikap toleransi. Dengan demikian sikap inklusivisme bermanfaat untuk membantu peserta didik dalam menghargai dan menghormati setiap ajaran agama yang berbeda di tengah masyarakat majemuk.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

teruna

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Teruna Bhakti merupakan wadah publikasi hasil penelitian teologi dan Pendidikan Agama Kristen yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Agam Kristen Teruna Bhakti, Yogyakarta, dengan Scope: Teologi Sistematika, Teologi Biblika, Pendidikan Agama Kristen, Kepemimpnan Kristen, Teologi ...