Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 3 No. 3 (2023): EduTIK : Juni 2023

Pengembangan Media Pembelajaran Fotografi di SMK Negeri 1 Tareran

Hellena Saruan (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Trudi Komansilan (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Peggy Veronica Togas (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Keith Francis Ratumbuisang (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini tentang pengembangan media pembelajaran fotografi SMK Negeri 1 Tareran. Penelitian ini menggunakan Research and Development dengan menggunakan model penelitian ADDIE, model ini menggunakan 5 tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate. Pengguna eksperimen ini ada siswa SMK Negeri 1 Tareran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang dimana dibagi 2 penilaian angket untuk ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian media pembelajaran fotografi ini termasuk dalam kategori sangat layak. Hal ini sesuai dengan hasil analisis angket dari ahli media, ahli materi, dan responden yang menilai bahwa media pembelajaran ini masuk dalam kategori layak. Ahli media menyatakan sangat layak yaitu diperoleh persentase dengan rata – rata 3,75 dari skala 4,00. Ahli materi menyatakan sangat layak dengan rata – rata 3,65 dari skala 4,00. Responden mengkategorikan media dalam kategori sangat layak dengan rata – rata 3,79.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...