Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 3 No. 3 (2023): EduTIK : Juni 2023

Pengaruh Media Sosial dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kumelembuai

Zachary Jonathan Sagay (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Verry Ronny Palilingan (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Peggy Veronica Togas (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Sosial dan Status Sosial Ekonomi terhadap hasil belajar informatika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kumelembuai. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, Merupakan suatu metode yang bertujuan untuk membuat gambar atau deskriptif tentang suatu keadaan secara objektif yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan dan hasilnya. Hasil yang di temui pengaruh media sosial dan status sosial ekonomi dengan hasil belajar informatika siswa sangat kuat. Besar pengaruh bersama sama media sosial dan status sosial ekonomi terhadap hasil belajar informatika sebesar 69,7% secara signifikan dengan rx1x2.y =0,835 yang berada pada interval 0,80-1,000 yang merupakan pengaruh yang sangat kuat. Telah diketahui bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar informatika, antara lain media sosial dan status sosial ekonomi sehingga mempengaruhi hasil belajar informatika siswa. Oleh karena itu dapat memperkuat hasil penelitian ini bahwa terdapat pengaruh positif antara media sosial dan status sosial ekonomi secara bersama-sama dengan hasil belajar informatika siswa. Dengan demikian Terdapat pengaruh media sosial dan status sosial ekonomi terhadap hasil belajar informatika Pada siswa kelas VII SMP N 1 Kumelembuai.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...