Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 3 No. 4 (2023): EduTIK : Agustus 2023

Pengembangan Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata di Universitas Negeri Manado

Rana Harvie Aipassa (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Verry Ronny Palilingan (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Indra Rianto (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2023

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi memberikan dampak yang sangat baik dalam membantu mengoptimalkan suatu proses bisnis yang diterapkan dalam suatu instansi. Contoh kemajuan teknologi yang diterapkan pada sebuah instansi dalam melakukan suatu proses bisnis adalah penggunaan Sistem Informasi, termasuk dalam dunia pendidikan. Sistem Informasi ini dapat membantu sebuah instansi pendidikan dalam mengolah data menjadi suatu informasi yang diperlukan sehingga dapat membantu mempermudah instansi pendidikan tersebut dalam pelakasanaan suatu proses bisnis. Dalam hal penelitian dan pengabdian di lingkungan Universitas Negeri Manado dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M). Tugas dari LP2M sendiri salah satunya adalah mengadakan kegiatan seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mahasiswa yang telah sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Salah satu kewajiban dalam Tridharma perguruan tinggi yaitu mahasiswa wajib melakukan pengadian kepada masyarakat. Berdasarkan penjelasan yang ada, maka dilakukan penelitian mengenai “Pengembangan Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata di Universitas Negeri Manado”. Sistem Informasi yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah sistem informasi yang berbasis website. Dipilihnya website sebagai teknologi yang dimanfaatkan karena website mampu menyajikan informasi yang dibutuhkan pihak terkait secara dinamis, yang berarti pihak terkait tersebut dapat mengakses informasi yang dibutuhkannya kapanpun dan dimanapun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...