Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 3 No. 4 (2023): EduTIK : Agustus 2023

Pengaruh Literasi Belajar dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tenga

Gerry Theofilus Tambaani (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Parabelem Tinno Dolf Rompas (Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado)
Keith Francis Ratumbuisang (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi belajar dan media pembelajaran terhadap hasil belajar informatika siswa kelas X SMK Negeri 1 Tenga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan SPSS versi 25. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Tenga sebanyak 63 orang sekaligus digunakan sebagai Sampel, dikarenakan popolasi yang kurang dari 100. Instrumen penelitian literasi digital dan media pembelajaran menggunakan angket sedangkan pada hasil belajar menggunakan studi dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan literasi digital (X1) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar (Y) secara langsung dengan koefisien regresi sebesar 0,402, media pembelajaran (X2) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar (Y) secara langsung dengan koefisien regresi sebesar 0,482. Kemudian literasi digital (X1) dan media pembelajaran (X2) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar (Y) secara langsung dan simultan dengan koefisien regresi sebesar 0,509.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...