Jurnal Ekonomi dan Manajemen (JEKMA)
Vol. 2 No. 3 (2023): Oktober : Jurnal Ekonomi dan Manajemen

ANALISIS CUSTOMERS SWITCHING BEHAVIOR PADA BANK SYARIAH DENGAN PENDEKATAN PUSH - PULL FACTORS (STUDI KASUS PADA NASABAH BANK MUAMALAT KCP SERDANG)

Widy Tri Sianuri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Fauzi Arif Lubis (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Reni Ria Armayani Hasibuan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Norma Subjektif terhadap Customers Switching Behavior Pada Bank Muamalat KCP Serdang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner serta populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Data dianalisis dengan metode regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kepuasan Konsumen sebagai Push Factors berpengaruh dan signifikan terhadap Customers Switching Behavior, variabel Norma Subjektif sebagai Pull Factors berpengaruh dan signifikan terhadap Customers Switching Behavior, serta variabel Kepuasan Konsumen sebagai Push Factors dan Norma Subjektif sebagai Pull Factor sberpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Customers Switching Behavior hal ini dapat dilihat dari pengujian koefisien determinasi dimana variasi variabel Kepuasan Konsumen dan Norma Subjektif mampu menjelaskan variabel Customers Switching Behavior sebesar 62,4%, serta variabel Norma Subjektif sebagai Pull Factors menjadi variabel dominan berpengaruh terhadap Customers Switching Behavior memiliki nilai yang lebih besar dari pada variabel Kepuasan Konsumen dengan nilai sebesar 0,240.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEKMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi dan Manajemen adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari Ekonomi dan manajemen, namun tidak terbatas pada ...