Pojok baca merupakan sebuah sudut baca di kelas yang di lengkapi dengan koleksi bahan bacaan yang ditata semenarik mungkin guna untuk menumbuhkan minat baca siswa. Ra Al Falah sudah mempunyai pojok baca tetapi dari segi penataan buku, meja dan rak buku belum menarik minat baca anak. Maka dari pemaparan masalah tersebut peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut ke dalam bentuk penelitian ilmiah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental dengan desain One Group Pretest-Protest Design dengan jumlah sampel 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang digunakan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Hasil observasi pengajar dalam kategori sangat baik dengan nilai presentase 80%. Sedangkan pada observasi minat baca siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan mempeoleh nilai presentase 100%. (2) Terdapat pengaruh tata kelola pojok baca sesudah diterapkan tata kelola terhadap minat baca anak usia 5-6 di RA AL Falah Sugihwaras Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Hasil simpulan tersebut berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang mengatakan nilai alpha 0,05 lebih besar dari nilai sig 0.000.
Copyrights © 2023