Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah
Vol 3, No 4: November 2015

MANAJEMEN KONFLIK PADA ORGANISASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKA KINERJA GURU MIN BENER KELIPAH KECAMATAN BENER KELIPAH KABUPATEN BENER MERIAH

Syafi’i Saat (Unknown)
Murniati AR (Unknown)
Nasir Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2015

Abstract

Abstract: Conflict is the portion that can not be separated from human life. Since humans recognize real life then the conflict has been with humans. School as a gathering place for humans can not be separated from the problems of conflict, so that the conflict there were feeling lucky and some are feeling dirugikan.Manajemen conflict of school personnel seek to direct the difference into sameness of thought, of  be peace and the ultimate goal of this research is to understand how conflict management in organizations can improve the performance of school teachers Kelipah MIN Bener Bener Kelipah District of the central highlands. The method used is descriptive  method with  qualitative approach. Data collection techniques used in this study were  interviews, observation, and study documentation. The data analysis techniques with data reduction, data display and making conclusions and verification. That is the subject of this research is the principal, deputy principal and teacher. results showed that: (1) The causes of conflict in the MIN Bener Kelipah is the understanding of teachers and principals about the concept of false conflicts, pressure, feeling aggrieved, oppressed, abused, role conflict and welfare of teachers. (2) The positive impact caused by conflict tehadap teacher performance: is the creation  of discipline,  increased teacher performance, increasing the quality of the formation of character education respect others. mature attitude and togetherness. While the negative impacts of conflict is the creation of groups within the school organization, the opposition, the decline in teacher performance,  stress or crazy. (3) The strategy of conflict control  done is: Understanding teachers' economic, social, emotional,  psychological, character and character approaches and sanctions (4) barriers to overcome conflicts also often perceived namely: doubt in conflict resolution, the more senior age familial nature ,  emotional,  cultural and social status. Recommendations from this study, using constructive management style, encouraging equal participation and maintain a positive relationship  for the duration of the conflict, which creates an atmosphere  kondusip for school personnel.Keywords: Management, Conflict, Organization.Abstrak: Konflik pada organisasi sekolah biasanya diawali oleh adanya gesekan yang terjadi antara guru dengan guru dan antara guru dengan kepala sekolah. Konflik tersebut akan memberikan dampak yang bersifat positif dan negatif. Seorang pemimpin yang arif akan membuat strategi penangan konflik yang baik, sehingga konflik yang sejatinya  berdampak negatif  akan di arahkan  kepada hal yang positif. Tujuan akhir dari penelitian ini  adalah untuk melihat secara langsung  bagaimana pengelolaan  konflik pada  organisasi sekolah dapat  meningkatkan kinerja guru  MIN Bener Kelipah Kecamatan Bener Kelipah  Kabupaten Bener Meriah. Metode penelitian yang digunakan adalah  metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan serta verifikasi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Wakil kepala sekolah dan Guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa:(1) Faktor penyebab terjadinya konflik pada MIN Bener Kelipah adalah  pemahaman guru dan kepala sekolah tentang konsep konflik yang keliru, adanya tekanan, merasa dirugikan, ditindas, dilecehkan, konflik  peran dan  kesejahteraan  guru.(2) Adapun dampak positif yang ditimbulkan oleh konflik tehadap kinerja guru: adalah terciptanya kedisiplinan, meningkatnya kinerja guru, meningkatnya mutu pendidikan terbentuknya watak  menghargai orang lain.  sikap dewasa dan terciptanya  kebersamaan .  Sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan konflik adalah terciptanya kelompok dalam organisasi sekolah, terjadinya  pertentangan, menurunya kinerja  guru, stress atau gila. (3) Strategi penggendalian konflik yang dilakukan adalah: Memahami guru secara ekonomi, sosial,  emosional,  kejiwaan, watak dan karakter  pendekatan dan pemberian  sanksi (4) hambatan dalam mengatasi konflik terbagi kepada dua macam, yaitu hambatan dari dalam dan hambatan dari luar. Implikasi dari penelitian ini, timbulnya pemahaman konflik yang koprehensif dari komponen sekolah, mendorong partisipasi sejajar dan mempertahankan hubungan positif selama masa konflik, yaitu menciptakan suasana kondusip bagi para personil sekolah, dan terjadinya sikap saling menerima kelebihan dan kekurangan orang lain dalam organisasi.Kata kunci: Manajemen, Konflik, dan kinerja guru.

Copyrights © 2015