Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah
Vol 3, No 4: November 2015

MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PRAJABATAN PADA BKPP ACEH

Sri Rezeki (Unknown)
Murniati AR (Unknown)
Cut Zahri Harun (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2015

Abstract

Abstract: This research aimed to determine the planning, implementation, evaluation, and obstacles found in the implementation of learning management training prajabatan the Personnel Board of Education and Training Aceh. This research used descriptive method with qualitative approach, data collection techniques were interviews, observation and documentation study. The results of research showed that: (1) Planning of training prajabatan according to its competence established Institute of Public Administration of the Republic of Indonesia; (2) Implementation of training prajabatan learning by trainers (3) The evaluation study conducted to determine the ability of the participants in the mastery of the material through a written exam once all eyes are given training in the curriculum; and (4) The obstacles encountered in the implementation of learning management training prajabatan is the lack of ability to effectively manage learning by trainer, lack of intrinsic motivation training participants, and the lack of monitoring by the organizers of the training.Keywords : learning management and trainingAbstrak: PeneliĀ­tian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan hambatan-hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran diklat prajabatan pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Aceh. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran diklat prajabatan dilakukan oleh tenaga pengajar sesuai kompetensi yang ditetapkan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia; (2) Pelaksanaan pembelajaran diklat prajabatan dilakukan oleh widyaiswara sesuai kompetensi yang ditetapkan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia; (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta dalam penguasaan materi melalui ujian tertulis setelah seluruh mata diklat dalam kurikulum diberikan; dan (4) Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran diklat prajabatan adalah kurangnya kemampuan pengelolaan pembelajaran secara efektif oleh widyaiswara, kurangnya motivasi intrinsik peserta diklat, dan kurangnya pemantauan oleh penyelenggara diklat.Kata kunci: manajemen dan pembelajaran diklat.

Copyrights © 2015