Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah
Vol 3, No 4: November 2015

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SD NEGERI 2 PAGAR AIR KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR

Fadhil . (Unknown)
Yusrizal . (Unknown)
Djailani AR (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2015

Abstract

Abstract: The aim of the study was to find out the formulation for implementation and evaluation of strategy which were done by the headmaster in order to increase teachers’ performances at SDN 2 Pagar Air Aceh Besar. The study was a descriptive qualitative study.  The data were collected through observation, interview, and documents. The subjects of the study were the headmaster and the teachers.The results of the study showed that (1) the headmaster has formulated several ways to increase teachers’ performances : conducting academic supervision activities,assigning teachers to seminars and workshops,  assigning teachers to join to KKG and MGMP activities  at gugus (group of schools in a district). (2) The academic supervision was conducted through direct supervision in the classroom and provided help when needed. Next, the headmaster motivated and obligated teachers to  join to KKG and MGMP activities. (3)The evaluation of strategies was done by conducting a meeting with teachers and stakeholders  at the end of semester.Keywords:  Strategy, principal, competences, teachers Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya perumusan, pelaksanaan serta evaluasi strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SD Negeri 2 Pagar Air Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perumusan  strategi dalam meningkatkan kemampuan guru melalui: perencanaan program supervisi akademik, perencanaan program pengiriman guru pada pelatihan dan worshop  dan perencanaan strategi agar guru-guru dapat aktif pada kegiatan KKG  dan MGMP di tingkat gugus.      (2) Pelaksanaan strategi supervisi akademik oleh kepala sekolah dengan cara masuk ke dalam kelas dan memberi bantuan kepada guru yang menhadapi kendala. Mengirimkan guru dalam berbagai pelatihan dan workshop  dengan cara guru digilir. Mengaktifkan guru pada kegiatan KKG dan MGMP  di tingkat gugus dengan cara memotivasi dan mewajibkan guru untuk mengikutinya. (3) Evaluasi strategi oleh kepala sekolah yakni dengan mengadakan rapat evaluasi setiap akhir semester bersama guru dan stakeholder lainnya.Kata Kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Kinerja, Guru

Copyrights © 2015