Jurnal Jeumpa
Vol 10 No 2 (2023): Jurnal Jeumpa

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Siswa SMA

Irfan Ritonga (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Ira Suryani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Efrida Pima Sari Tambunan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Penelitian bertujuan untuk pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Android pada materi keanekaragaman hayati untuk siswa SMA kelas X MIPA. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 14 Medan pada Juni 2021 sampai dengan Januari 2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu research and development (R&D) model Borg&Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar angket, untuk ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru dan siswa. Subjek uji coba dalam penelitian yaitu siswa kelas kelas X MIPA 1 dan 2 SMAN 14 Medan. Uji coba dilakukan dalam kelompok kecil kepada 20 siswa dan uji coba kelompok besar kepada 40 siswa untuk mengetahui respons penilaian media melalui lembar intrumen angket respons. Hasil validasi media secara keseluruhan aspek diperoleh persentase rata-rata 88% dengan kategori layak. Hasil validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa diperoleh rata-rata 94%, 86%, dan 87% dengan kategori layak. Hasil respons penilaian guru sebesar 88% dengan kategori layak, respons penilaian peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan besar dengan persentase rata-rata sebesar 86 dan 87% dengan kategori layak. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Android pada materi keanekaragaman hayati yang telah dikembangkan layak dipakai peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran biologi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jempa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Jeumpa merupakan artikel kajian bidang biologi baik yang bersifat Pendidikan Biologi dan Biologi Sains, yang diterbitkan secara berkala dua kali setiap tahun pada bulan Januari dan juni dengan 10 artikel/Nomor atau 20 artikel/Volume oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas ...