Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 2 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Bergambar di SDN Gebangan

Mare Asia Fajaryanti (Universitas Ahmad Dahlan)
Meita Fitrianawati (Universitas Ahmad Dahlan)
Rusmimawarti Rusmimawarti (SDN Gebangan)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2023

Abstract

Penerapan model pembelajaran dan media yang kurang variatif pada pembelajaran membaca permulaan berpengaruh terhadap rendahnya hasil kemampuan membaca permulaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media kartu bergambar di SDN Gebangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbantuan media kartu bergambar signifikan meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Pada siklus I, 58,33% siswa mencapai tingkat ketuntasan membaca, dan meningkat menjadi 75,00% pada siklus II. Analisis hasil menunjukkan peningkatan kategori kemampuan membaca permulaan siswa, yakni 7 siswa (58,33%) dalam kategori baik pada siklus I, meningkat menjadi 9 siswa (75,00%) pada siklus II. Tidak ada siswa yang berada dalam kategori kurang pada siklus II, sementara 16,67% siswa masuk dalam kategori cukup. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL dengan media kartu bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di SDN Gebangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...