SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS
Vol. 3 No. 2 (2023)

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SELAMA MASA PANDEMI COVID–19 TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 6 DEPOK

RETNO SUSANTI (SMAN 6 Depok)
RENI DIAH KUSUMAWATI (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2023

Abstract

This research aims to determine the influence of learning motivation and learning independence during the Covid-19 pandemic on the learning outcomes of class Xii students in economics subjects at SMA Negeri 6 Depok. The type of research used is quantitative research. The population in the research is class XII students at SMA Negeri 6 Depok for the 2021/2022 academic year. The sample selection used simple random sampling so that 248 class XII students of SMA Negeri 6 Depok were obtained. The data collection technique is in the form of a questionnaire or questionnaire. The data analysis technique uses t-test statistics. The research procedure was carried out by distributing questionnaires to each sample. Each questionnaire consists of 35 questions. Based on the results of research on the influence of learning motivation and learning independence during the Covid-19 pandemic on the learning outcomes of class study of the learning outcomes of class XII students in economics subjects at SMA Negeri 6 Depok. Learning independence on the learning outcomes of class XII students in economics subjects at SMA Negeri 6 Depok. There is a simultaneous influence of learning motivation and learning independence on the learning outcomes of class XII students in economics subjects at SMA Negeri 6 Depok. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar selama masa pandemi covid–19 terhadap hasil belajar peserta didik kelas Xii pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Depok. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas XII di SMA Negeri 6 Depok tahun ajaran 2021/2022. Pemilihan sampel menggunakan simple random sampling sehingga didapatkan 248 siswa kelas XII SMA Negeri 6 Depok. Teknik pengumpulan data berupa kuosioner atau angket. Teknik analisis data menggunakan statistik uji-t. Prosedur penelitian dilakukan dengan menyebarkan angket pada tiap tiap sampel. Setiap angket terdiri dari 35 soal. Berdasarkan hasil penelitian tentang Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Selama Masa Pandemi Covid–19 terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Depok, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa: Terdapat pengaruh secara parsial antar variabel, yaitu antara motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Depok. Kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Depok. Terdapat pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar secara simultan terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Depok.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

social

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan ...