Journal of Education Research
Vol. 4 No. 3 (2023): SEPTEMBER 2023

The Effect of Motivation and Learning Models on English Reading Skills

Agus Supriyadi (Universitas Khairun)
Fitria Wulan Sari (Universitas Khairun)
Eka Wahjuningsih (English Language Education of Jember University)
Humaira DJ Abdullah (English Language Education Study Program of Khairun University)
Hujaefa Hi Mumamad (English Language Education Study Program of Khairun University)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explaint “POE” dan Problem Base Learning (PBL) pada siswa yang mempunyai motivasi belajar, (b) Interaksi antara motivasi dan model pembelajaran “POE” Predict Observe Explaint dan Probel Based Learning terhadap keterampilan membaca siswa, (c)    Manakah yang lebih baik, keterampilan membaca siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi, sedang atau rendah dan diberi perlakuan dengan mobel pembelajaran PBL dan POE. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah eksperimental semu (Quasi experimental), dengan desain/pendekatan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Darul Falah Ternate Tahun Akademik 2022/2023. Sampel penelitian terbagi dalam 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama.  Hasil penelitian menunjukan bahwa model Pembelajaran Problem Based Learning lebih baik jika dibandingkan dengan model pembelajaran Predict Observe Expect. Artinya hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa secara keseluruhan model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Predict Observe Explane.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...