Journal of Education Research
Vol. 4 No. 4 (2023): DESEMBER 2023

Local Instructional Theory: Social Arithmetic Learning Using The Context Of The Monopoly Game

Navel Oktaviandy Mangelep ((1) Program Studi Pendidikan Matematika, FMIPAK, Universitas Negeri Manado, Indonesia)
Deysti Trifena Tarusu ((2) Program Studi Pendidikan Guru SD, FIP, Universitas Negeri Manado, Indonesia)
Kartini Ester (Program Studi Pendidikan Guru SD, FIP, Universitas Negeri Manado, Indonesia)
Hartini Ngadiorejo (SMK Negeri 1 Langowan, Indonesia)
Santo Junital Bumbungan ((5) Program Studi Teknik Informatika, Universitas Sariputra Tomohon, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2023

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi matematis siswa sangatlah berpengaruh pada hasil belajar siswa pada topik aritmetika sosial. Hal ini juga dikarenakan kurangnya desain pembelajaran yang berorintasi pada permasalahan kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti lintasan belajar siswa dalam pembelajaran aritmatika sosial melalui Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang didesain dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) konteks permainan monopoli. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tomohon pada kelas VII E sebagai kelas pilot experiment dan kelas VII F sebagai kelas teaching experiment. Penelitian ini menggunakan metode penelitian design research yang terdiri dari 3 tahap pelaksanaan yaitu merancang aktivitas pembelajaran (preliminary design), melaksanakan pembelajaran (teaching experiment) dan melakukan analisis retrosepektif (retrospective analysis). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan video, data tertulis dan juga wawancara. Kemudian HLT yang didesain dibandingkan dengan kegiatan siswa yang sebenarnya terjadi di dalam kelas saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga di tahap analisis retrospektif didapatkan lintasan belajar siswa akhir dari HLT ke Local Instruction Theory (LIT). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa lintasan belajar yang telah didesain dari kegiatan pembelajaran di kelas menggunakan konteks permainan monopoli dapat membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan aritmatika sosial pada level formal dengan menggunakan pengetahuan dan pengalaman mereka di level situsional, referensial dan general.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...