Duta Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2023): Duta Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Editing Foto Promosi Produk Menggunakan Smartphone bagi Pelaku Usaha UMKM Kota Semarang

Eka Ardhianto (Universitas Stikubank)
Widiyanto Tri Handoko (Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia)
Endang Lestariningsih (Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia)
Hari Murti (Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia)
Rara Sriartati Redjeki (Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia)
Theresia Dwiati Wismarini (Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia)
Edy Supriyanto (Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia)
R. Soelistijadi (Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia)
Eko Nur Wahyudi (Manajemen Informatika, Fakultas Vokasi, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia)
Fitika Andraini (Ilmu Hukum, Fakultas Hukum dan Bahasa, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2023

Abstract

Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki posisi strategis dalam pergerakan perekonomian masyarakat. Selama pandemi covid-19, para pelaku usaha terkeda dampak dalam penurusan omset penjualan. Salah satu upaya bertahan bagi para pelaku usaha ialah dengan melakukan promosi secara online melalui media sosial. Oleh karena itu foto produk memegang peran utama dalam bentuk komunikasi visual kepada calon konsumen. Permasalahan yang dihadapi olah para pelaku usaha adalah bentuk konten foto yang disuguhkan melalui media sosial dinilai belum sesuai kriteria pantas sebagai foto produk dimedia sosial. Dengan memberikan pelatihan dalam bentuk demonstrasi dan praktik, para pelaku usaha mampu membuat foto produk yang informatif dan layak untuk digunakan sebagai media promosi pada media sosial. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah penyampaian materi, diskusi dan praktik, evalusi. Hasil yang diperoleh ialah perbaikan kualitas foto produk pada media promosi, serta kecukupan dan kepuasan pelaku usaha dengan solusi penggunaan foto produk sebagai media komunikasi promosi kepada calon konsumen melalui media sosial. Dengan demikian foto produk yang sesuai dengan kriteria akan mempengaruhi daya tarik calon konsumen sehingga akan berdampak pada meningkatnya omset pada pelaku usaha UMKM.

Copyrights © 2023