Juni-Jurnal Pelita Nusa
Vol 3 No 1 (2023): Juni-Jurnal Pelita Nusa

PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KUALITAS PRODUK DIMARKOPI BREWING AND KITCHEN BANDUNG

Saepul Ma’mun (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Aep Saefuddin (STAI Pelita Nusa Bandung Barat)
Irfan Saefuloh (STAI Pelita Nusa Bandung Barat)
Ricke Shaniyah (STAI Pelita Nusa Bandung Barat)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2023

Abstract

Kualitas produk merupakan suatu kemampuan produk yang mampu memenuhi setiap kebutuhan konsumen sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk meningkatkan kualitas produk dapat dipengaruhi oleh strategi komunikasi pemasaran, manajemen pemasaran, bauran pemasaran, strategi pemasaran. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode penelitian dengan menggunakan angket. Populasi menggunakan random sampling berjumlah 40 orang untuk mengisi angket yang disebarkan pelanggan Markopi Brewing and Kitchen Bandung. Hasil penelitian pertama, variabel strategi komunikasi pemasaran (X) berdistribusi secara normal dengan kategori cukup. Kedua, hasil analisis deskriptif kualitas produk (Y) di Markopi Brewing and Kitchen Bandung berdistribusi secara normal dengan kategori baik. Ketiga, kolerasi product moment nilai r (koefisien) adalah 0,499 kategori cukup. Nilai R Square model regresi  diperoleh adalah 0,249. Sedangkan variabel independen mampu menjelaskan  variabel dependen sebesar 24,9%, sedang sisanya 75,1% (tidak diteliti). Hasil  analisis regresi diperoleh koefisien untuk variabel strategi komunikasi pemasaran pada kualitas produk sebesar 0,444 dengan konstanta sebesar 35,307 sehingga model persamaan regresi yang diperoleh Y = 35,307+0,444 X. Hasil uji hipotesis variabel X terhadap variabel Y menunjukkan nilai t-hitung  3,993 dan  r-tabel value  (Sig)  sebesar 0,000 yang di bawah alpha 5%. Artinya terdapat pengaruh yang positif antara strategi komunikasi pemasaran terhadap kualitas produk Markopi Brewing and Kitchen Bandung. Product quality is a product's ability to fulfill every consumer need in accordance with the consumer's needs and desires. Improving product quality can be influenced by marketing communication strategies, marketing management, marketing mix, marketing strategy. This research was carried out with a quantitative approach using research methods using questionnaires. The population using random sampling was 40 people to fill out a questionnaire distributed by Markopi Brewing and Kitchen Bandung customers. The results of the first research, the marketing communication strategy variable (X) is normally distributed with the sufficient category. Second, the results of the descriptive analysis of product quality (Y) at Markopi Brewing and Kitchen Bandung are normally distributed in the good category. Third, the product moment correlation r value (coefficient) is 0.499 in the sufficient category. The R Square value of the regression model obtained is 0.249. Meanwhile, the independent variable was able to explain the dependent variable by 24.9%, while the remaining 75.1% (not researched). The results of the regression analysis obtained a coefficient for the marketing communication strategy variable on product quality of 0.444 with a constant of 35.307 so that the regression equation model obtained was Y = 35.307+0.444 value (Sig) of 0.000 which is below alpha 5%. This means that there is a positive influence between marketing communication strategies on the quality of Markopi Brewing and Kitchen Bandung products.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Ekonomi Islam, Manajemen dan Bisnis Syariah (MBS), Lembaga Keuangan Syariah (LKS), Ekonomi dan Manajemen, Akuntansi. Hukum Islam Hukum Ekonomi Syari’ah (Mu’amalah), Hukum Keluarga Islam. Kepemimpinan di bidang Pendidikan, Manajemen Sekolah, Manajemen Pendidikan Tinggi, Manajemen Pesantren, ...