Penetilian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan peserta didik di kelompok bermain. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, yang identik dengan deskripsi serta interpretasi berdasarkan sumber yang ada. Sumber data dalam penelitian ini berupa jurnal yang telah dikutip. Data dalam penelitian ini berupa kata dan kalimat. Data disimpulkan dengan teknik mengalisis, analisis ini menggunakan tiga tahap. Pertama,reduksi data seperti menyeleksi, meringkas, dan mengklasifikasi. Kedua, menyajikan data dengan klasifikasi fokus penelitian. Ketiga, membuat kesimuplan berdasarkan data yang telah dikumpulkan berdasarkan penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengelolaan peserta didik ialah penaaan seluruh aktivitas yang berhubungan dengan peserta didik dari awal masuknya peserta didik hingga peserta didik lulus dari lembaga pendidikan tertentu. Tujuan pengelolaan peserta didik yaitu untuk mengatur seluruh aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik supaya kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik. Seluruh aktivitas pegelolaan peserta didik harus memberikan dampak positif, bermanfaat serta sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah dirumuskan oleh pemerintah.
Copyrights © 2022